Cara Merawat & Menjaga Kesehatan Organ Kelamin (Alat Vital) Pria


Organ reproduksi atau alat kelamin adalah bagian penting dari tubuh kita. Tanpa kehadirannya sudah pasti kehidupan dan kebahagiaan manusia tidak akan utuh jadinya.

Untuk itu penting bagi kita untuk menjaga kesehatan organ reproduksi. Apalagi mengingat betapa hal itu merupakan anugrah dan nikmat Tuhan yang tak terhingga harganya. Menjaga dan merawatnya adalah ekspresi rasa syukur dan terima kasih kita atas kasih sayangNya pada manusia. 


Menjaga kebersihan alat vital akan menjauhkan anda dari potensi infeksi penyakit kelamin berbagai jenis.

Organ kelamin/alat vital pria terdiri atas organ eksternal (luar) berupa batang penis dan skrotum (biji gantung), serta organ internal (dalam) yaitu : testis, sistem saluran genital dan kelenjar genital.

Mengenai detail rincian dari fungsi dan manfaat masing-masing organ kelamin tersebut akan dijelaskan dalam artikel lain. Sedangkan kali ini kita akan fokus membahas cara merawat dan menjaga kesehatan alat vital pria.

Oke, langsung saja berikut ini kami jelaskan beberapa hal & tips praktis yang bisa anda lakukan agar organ genital itu tetap sehat dan terawat.

1. Pakailah celana dalam dari katun yang agak longgar.

Pakaian dalam adalah pakaian yang langsung bersentuhan dengan penis dan skrotum. Karena sifatnya yang tertutup dan lembab, jelas memerlukan bahan pakaian yang nyaman dan mampu menyerap keringat dengan cepat. Bahan katun sangat cocok digunakan dalam kondisi ini.

Kondisi lembab dan panas sangat sesuai untuk pertumbuhan bakteri dan jamur, karena itu pilihlah selalu bahan 100% katun untuk CD (celana dalam) anda. Selain itu pilihlah ukuran yang agak longgar sedikit. Jangan terlalu ketat dan ngepas. Alat kelamin kita juga tidak bisa berfungsi optimal bila selalu dalam kondisi tersekap ketat.

2. Rutin mengganti pakaian dalam.

Memakai pakaian dalam terutama CD selama berhari-hari sangat tidak disarankan. Meskipun tidak terkena debu dan kotoran, namun celana dalam banyak menyerap keringat dan sisa kulit mati di daerah sekitar kelamin. Untuk itu penting bagi anda untuk mengganti pakaian dalam sehari sekali.

3. Menjaga kebersihan organ vital

Pakaian yang bersih akan tidak maksimal hasilnya bila organ vital sendiri tidak dijaga kebersihannya. Biasakanlah bersuci dan mencuci alat kelamin sehabis buang air kecil atau besar.

Usahakan jangan sampai ada ampas yang tersisa di penis bila anda kencing. Jangan juga anda menggaruk kelamin bila tangan anda kotor atau belum cuci tangan. Usahakan kondisi alat vital dan area selangkangan anda selalu terjaga bersih dan kering.

4. Batasi konsumsi gula dan kafein

Minum kopi dan merokok adalah kebiasaan khas pria. Di setiap negara di seluruh bangsa, kebiasaan ini hampir dapat ditemui. Meskipun demikian untuk alasan kesehatan, sebaiknya anda membatasi mengonsumsinya.

Gula dan kafein dalam jumlah cukup sebenarnya tidak berbahaya dan dapat bermanfaat, namun bila terlalu banyak juga bisa berdampak negatif. Tidak hanya bagi alat kelamin, tetapi juga bagi organ tubuh yang lain, terutama hati, ginjal dan pembuluh darah.

Konsumsi gula berlebih bisa mengakibatkan penyakit diabetes melitus dan akan berpengaruh pada vitalitas pria seperti lemah syahwat, gairah rendah, impotensi dan ejakulasi dini. Selain itu penderita diabetes rentan terkena penyakit lain seperti kolesterol, penyumbatan pembuluh darah, stroke dan serangan jantung.

5. Hindari mengonsumsi rokok dan alkohol

Rokok dan alkohol sebenarnya banyak diketahui manusia akan dampak buruk dan efek negatifnya. Namun lagi-lagi, karena faktor kebiasaan dan budaya, kaum pria/laki-laki banyak yang merasa sulit meninggalkan kebiasaan ini. Tidak hanya di Indonesia, bahkan di negara-negara lain seperti Amerika, Jepang, Jerman, Australia dan lain sebagainya.

Rokok mengandung berbagai zat kimia negatif seperti nikotin, tar, serta ribuan bahan berbahaya lain yang bersifat adiktif dan karsinogenik. Sedangkan alkohol tentu saja mengandung zat alkoholik yang berdampak buruk bagi organ-organ tubuh kita.

Bahayanya bagi alat kelamin pria (penis dan skrotum) diantaranya mengakibatkan impotensi, lemah syahwat, ejakulasi dini, sperma encer, sel sperma cacat serta dapat mengurangi kesuburan.

Selain itu konsumsi rokok dan alkohol atau minuman keras juga berefek buruk bagi kualitas kesehatan dan merusak kondisi organ tubuh yang lain. Contohnya gagal ginjal, radang paru, kanker hati, gagal jantung dan kerusakan organ lainnya.

Selain itu juga kebiasaan itu juga kurang diperkenankan dalam ajaran agama. Alangkah baiknya bila anda dan pasangan meninggalkan atau paling tidak mengurangi konsumsi rokok dan alkohol.

6. Cuci & bersihkan organ kelamin sebelum dan sesudah berhubungan seks

Berhubungan seks memang nikmat dan mengasyikkan. Kadang tanpa sadar, karena terlalu terbawa dorongan hasrat dan syahwat pasutri kadang lupa mempersiapkan diri sebelum berhubungan intim.

Salah satu persiapan yang penting, tapi sering dilupakan adalah mencuci/membersihkan organ kelamin, termasuk tentu saja penis dan skrotum anda. Jangan lupa setelah berhubungan juga segera cuci dan bersihkan alat kelamin anda untuk menjaga kebersihan dan kesehatannya.

Berhubungan kelamin, seperti kita tahu terjadi pertukaran cairan yang sangat intens antara penis dan vagina. Di sisi lain ada kemungkinan transfer bakteri antara kedua organ vital tersebut. 


Untuk itu sangat disarankan mencuci sebelum dan sesudah berhubungan seks. Memang sedikit merepotkan, apalagi bila nafsu sedang diubun-ubun. Namun demikian manfaatnya tentu untuk kebaikan anda sendiri.

7. Berhubungan seks secara sehat dan rutin

Bila anda sudah masuk akil baligh/matang dan dewasa, segeralah menikah. Jangan terlalu banyak memilih/kriteria yang menyulitkan jodoh, tapi bersikap realistislah. Yang terpenting adalah akhlak dan agama yang baik dari pasangan kita.

Mengapa mesti menyegerakan nikah bila sudah dewasa ? Hal itu karena kondisi organ tubuh kita utamanya hormon seksual/hasrat kelamin yang sudah matang perlu segera disalurkan.

Jadi memang ada kebutuhan biologis yang perlu segera dipenuhi bila anda sudah akil baligh. Seperti halnya kebutuhan makan-minum bagi tubuh dan udara bagi paru-paru. Kebutuhan seks juga termasuk kebutuhan dasar manusia, utamanya bagi lelaki dan wanita dewasa.

Dengan menikah anda bisa menyalurkan hasrat dan dorongan seksual yang naluriah/fitrah wajar manusia ini secara halal dan sehat. Idealnya anda perlu bercinta antara 2-3 kali/minggu. 


Dengan seks sehat yang rutin dan wajar, kondisi metabolisme tubuh anda juga akan semakin baik, alat kelamin juga semakin sehat dan semangat hidup pun akan terus tumbuh.

Apabila anda tidak berhubungan seks secara rutin dan teratur. Tentu fungsi tubuh/biologis badan anda juga akan ikut terpengaruh juga. Karena hormon dan hasrat seksual yang tidak tersalurkan, serta sel sperma yang tidak dikeluarkan akan menjadi sampah/racun bagi tubuh kita sendiri. 


Akibatnya tentu saja sangat merugikan kesehatan kita secara umum, tidak hanya bagi alat kelamin saja, tapi juga untuk organ tubuh yang lain.


Karena itu bila anda sudah menikah, maka bersyukurlah dan jalankan kewajiban anda sebagai suami dengan memberi nafkah batin rutin kepada istri anda. 

Bila anda belum menikah segeralah untuk segera menemukan jodoh anda, bisa dengan mencari sendiri atau meminta bantuan orang tua dan guru yang bisa dipercaya.

Demikianlah tujuh hal/poin yang dapat menjadi panduan bagi anda dalam memelihara dan menjaga kesehatan kelamin pria. Semoga dapat membantu dalam meningkatkan kualitas hidup anda. 

Bila anda memiliki beberapa masalah penyakit kelamin yang mengganggu keharmonisan rumah tangga anda serta kehidupan seksual menjadi hambar, anda bisa segera mengunjungi obat penyakit kelamin denature.

Comments